Google Help


Teknik dasar: 

·       Pemakaian tanda tambah (+) digunakan untuk melakukan pencarian paksa terhadap huruf yang serupa.
·       Pemakaian tanda kurang (-) digunakan untuk men-tidak sertakan sebuah kata dalam pencarian.
·       Pemakaian tanda kutip (“ “) digunakan untuk mencari sebuah susunan kata tertentu dengan sangat tepat sesuai dengan kata-kata yang ada di dalam tanda kutip.
·       Pemakaian tanda titik (.) digunakan untuk melakukan metode pencarian text satu karakter.
·       Pemakaian tanda bintang (*) melambangkan segala huruf.
·       Penulisan kata (syntax) site: nama situs, untuk memerintahkan google agar melakukan pencarian dalam situs tertentu saja.
·       Penulisan kata filetype: jenis file, digunakan untuk memerintahkan google agar melakukan pencarian terhadap jenis file yang diinginkan, misalnya: pdf atau doc.
·       Penulisan kata intitle: judul situs, digunakan untuk memerintahkan google agar mencari keterangan berdasarkan judul (title) dari dokumen-dokumen tertentu sesuai dengan yang diketikan setelah tanda titik dua (:).
·       Penulisan kata inurl: url situs atau akhiran dari url situs (.com atau .ac.id), digunakan untuk memerintahkan google agar melakukan pencarian data/informasi dalam url tertentu yang diberikan setelah tanda titik dua (:).
·       Penulisan kata link: alamat situs link, digunakan untuk memerintahkan google agar melakukan pencarian dalam hyperlinks tertentu.
·       Penulisan kata cache: alamat situs, digunakan untuk memerintahkan google agar menampilkan versi dari sebuah halaman situs (webpage) pada saat google membukanya.

=====
*hem