CONTOH-CONTOH TAMPILAN UNTUK TA BISNIS VISUAL
+        : Kebaikan
-         : Kekurangan
++      : Catatan Perbaikan
1.               Buatlah tampilan visual yang lebih baik dari contoh2 tampilan di bawah ini (belum tentu benar semua karena itu harus dipilah dan dipilih untuk menambah wawasan pengetahuan kemudian kamu rancang tampilan yang lebih baik).
2.               Ubahlah simbol dan judul tampilan (form) menjadi simbol dan judul tampilan sesuai dengan judul sub programx sehingga bukan simbol visual basic atau yang lainx dan bukan tulisan Form1 lagi. 
3.               Gunakan salah satu tombol untuk keluar, jika sudah menggunakan tombol close (x di pojok kanan atas) jangan lagi menggunakan tombol Keluar. 
4.               Gunakan secara seragam dan konsisten bahasa indonesia untuk setiap tulisan/kata-kata yang digunakan pada semua tampilan. 
5.               Posisi tombol-tombol yang digunakan harus ditempatkan secara konsisten pada setiap tampilan yang ada. 
6.               Sebaikx gunakan frame untuk mengelompokan tombol-tombol yang digunakan sesuai fungsix, sehingga tombol-tombol berada dalam frame. 
7.               Good Luck..

+: sederhana
-: kurang menarik
++: symbol dan judul form seharusx di ubah dg simbol & nama sub programx bukan symbol vb dan form 1.

+: sederhana, terdapat pengelompokan tombol2 dalam 1 frame sehigga dapat lebih konsisten posisix untuk digunakan pada setiap form. 
-: kurang menarik, terdapat fungsi2 yg sama dg tombol berbeda; seperti: tombol next dengan fungsi next pada data bound, tombol exit dengan tombol x close, sehingga tidak efektif dan tidak efisien, terdapat campur aduk bahasa antara bahasa indonesia dengan bahasa inggris sehingga tidak konsisten. 
++: harus diperbaiki.  



-: masih menggunakan bahasa inggris padahal kita tinggal di indonesia 
+: sederhana dan rapi 














Berikut adalah contoh-contoh tampilan yang di tombolx disertai gambar:



+: menarik dan terkelompokan dg baik 
-: terdapat campur aduk antara bhs Indonesia   dg bhs inggris
++: seharusx tidak terdapat campur aduk antara bhs Indonesia   dg bhs inggris





Berikut adalah contoh-contoh tampilan yang lebih beraneka macam gabungan: 







1 Barang Banyak Supplayer:

CDM:

PDM:

Berikut catatan tentang software program bisnis: 
Sistem   Informasi Koperasi Simpan Pinjam Program untuk mencatat transaksi pinjaman, angsuran, simpanan, dan accounting pada koperasi simpan pinjam.  |   |
Sistem   Informasi Perpustakaan Program untuk mencatat transaksi peminjaman dan pengembalian buku pada perpustakaan.  |   |
L  Pharmacy  Program untuk mencatat transaksi jual beli pada apotik.  |   |
L GL Program untuk mencatat transaksi secara akuntansi sekaligus membuat laporan keuangan dari data-data transaksi yang ada.  |   |
L  POS Standard Program ini mirip dengan L POS Lite, tapi dengan fasilitas yang jauh lebih banyak.  |   |
L  POS Lite Program yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian pada toko, bengkel, apotik dan usaha lain yang sejenis.  |   |
AppCell Merupakan program untuk toko handphone.  |   |
SIDI Merupakan program untuk rental VCD.  |   
selain yang tercantum pada halaman Software Bisnis, L  Software juga mengembangkan berbagai sistem informasi untuk berbagai bidang usaha, yaitu:
- Sistem Informasi Akademik (SMP & SMU)
 - Sistem Informasi Akademik (Perguruan Tinggi)
 - Sistem Informasi Hotel 
 - Sistem Informasi Kepegawaian 
 
Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam
merupakan program untuk mencatat transaksi pinjaman, angsuran, simpanan, dan accounting pada koperasi simpan pinjam.
Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam adalah sebagai berikut:
- Mencatat data (master) pos,      wilayah, petugas, anggota, jenis simpanan, jenis pinjaman.
 - Mencatat transaksi simpanan.
 - Mencatat transaksi pinjaman.
 - Mencatat transaksi angsuran.
 - Mencatat transaksi jurnal (GL).
 - Cek saldo simpanan per anggota      dan semua anggota.
 - Cek saldo pinjaman per anggota      dan semua anggota.
 - Mencetak bukti transaksi      seperti simpanan, pinjaman, dan angsuran.
 - Pengaturan hak akses.
 - Pembagian SHU.
 - Laporan accounting: neraca      percobaan, buku besar, neraca dan laba rugi.
 - dan lain-lain 
 
Sistem Informasi Perpustakaan
merupakan program untuk mencatat transaksi peminjaman dan pengembalian buku pada perpustakaan.
Feature yang terdapat pada program Sistem Informasi Perpustakaan adalah sebagai berikut:
- Mencatat data (master) golongan      buku, jenis buku, kategori anggota, bidang/instansi anggota, bahasa, asal      buku, penyedia buku dan lokasi.
 - Mencatat data buku. 
 - Mencatat data artikel.
 - Mencatat data anggota.
 - Mencetak kartu anggota.
 - Mencatat transaksi peminjaman.
 - Mencatat transaksi      pengembalian.
 - Grafik buku per bahasa.
 - Grafik buku per jenis.
 - Grafik buku per golongan
 - Grafik buku per kategori.
 - Grafik peminjaman per golongan.
 - Dilengkapi dengan 24 macam      laporan.
 
L  Pharmacy
L  Pharmacy merupakan program yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian khusus untuk apotik atau toko obat. 
Feature yang terdapat pada program L  Pharmacy adalah sebagai berikut:
- Mencatat data Dokter, Pabrik,      Jenis Obat, Kategori Obat, Karyawan, Pelanggan, Supplier dan Gudang.
 - Mencatat transaksi penjualan,      baik obat bebas atau obat dengan resep. 
 - Mencatat transaksi pembelian.
 - Mencatat tuslah dan embalase.
 - Stock opname.
 - Mutasi barang (dari satu gudang      ke gudang yang lain).
 - Memperbaiki dan mengoptimalkan      tabel (database). 
 - Mengatur layout laporan.
 - Log user, sehingga dapat      diketahui secara pasti siapa, kapan dan dari komputer mana seorang user      melakukan login (menggunakan program).
 - Mengedit dan menghapus      penjualan.
 - Mengedit dan menghapus      pembelian.
 - Return jual dan retur beli.
 - Laporan Penjualan yang terdiri      dari : penjualan total, penjualan per pelanggan, penjualan per jenis      barang, penjualan per barang, penjualan per operator (kasir), penjualan      per dokter dan jumlah obat terjual.
 - Laporan Piutang yang terdiri      dari : piutang per pelanggan, penerimaan piutang dan analisa umur piutang.
 - Laporan Pembelian yang terdiri      dari : pembelian total, pembelian per jenis barang, pembelian per barang,      pembelian per supplier, dan jumlah obat dibeli.
 - Laporan Hutang yang terdiri      dari : hutang per supplier, pembayaran hutang dan analisa umur hutang.
 - Laporan laba rugi.
 - Bisa digunakan bersama cash      drawer.
 
L GL
L GL merupakan merupakan program untuk mencatat transaksi secara akuntansi sekaligus membuat laporan keuangan dari data-data transaksi yang ada
Program L GL Multiuser mempunyai beberapa kelebihan dibanding program sistem General Ledger kebanyakan, diantaranya:
- Sistem akuntansi General Ledger      yang diimplementasikan pada program ini, mudah dimengerti dan digunakan,      bahkan untuk pengguna yang masih awan akuntansi. 
 - Program berbasis Windows dan      dapat dipakai secara Multiuser dalam suatu sistem jaringan lokal (LAN). 
 - Untuk menghasilkan semua      laporan, tidak diperlukan proses TUTUP BULAN. Dengan tidak adanya proses      tutup bulan, maka pemakai masih dimungkinkan memasukkan      transaksi-transaksi yang belum sempat dientri pada periode (bulan)      sebelumnya, selama transaksi masih dalam tahun fiskal yang sama.
 - Penyusunan laporan keuangan      —Rugi Laba & Neraca— yang sangat fleksibel. Pengguna bisa mengkostum      sendiri lay-out, mengurutkan, mengelompokan dan merubah diskripsi Akun      yang akan ditampilkan pada laporan keuangan sesuai dengan      keinginan/kebutuhannya, tanpa harus bergantung pada urutan serta diskripsi      yang telah disusun pada Daftar Akun (Chart of Accounts).
 - Sistem keamanan informasi lebih      terjamin dengan menggunakan password. 
 - Meskipun berbasis Windows      —dimana penggunaan mouse menjadi sangat umum—program ini sangat      memperhatikan aspek penggunaan keyboard sebagai sarana navigasi dan      pemasukan data. Semua user-interface meliputi; menu, form, field atau kotak      dialog, dapat secara mudah diakses dengan menggunakan keyboard. Hal ini      dimungkinkan dengan adanya keyboard short-cut pada hampir semua bagian      program. 
 
L  POS Standard 6.5
L  POS Standard merupakan program yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian pada toko, bengkel, apotik maupun usaha lain yang sejenis. Program ini mirip dengan L  POS Lite, tapi dengan feature atau fasilitas yang jauh lebih banyak.
Feature yang terdapat pada program L  POS Standard adalah sebagai berikut:
- Semua feature dari program L  POS Lite.
 - Stock opname (penyesuaian      stok).
 - Multi gudang.
 - Mutasi barang (dari satu gudang      ke gudang yang lain).
 - Memperbaiki dan mengoptimalkan      tabel (database). 
 - Backup dan restore data.
 - Mengatur layout laporan.
 - Log user, sehingga dapat      diketahui secara pasti siapa, kapan dan dari komputer mana seorang user      melakukan login (menggunakan program).
 - Mengedit dan menghapus      penjualan.
 - Mengedit dan menghapus      pembelian.
 - Return jual dan retur beli.
 - Laporan Penjualan yang terdiri      dari : penjualan total, penjualan per pelanggan, penjualan per jenis      barang, penjualan per barang, dan penjualan per operator (kasir).
 - Laporan Piutang yang terdiri      dari : piutang per pelanggan, penerimaan piutang dan analisa umur piutang.
 - Laporan Pembelian yang terdiri      dari : pembelian total, pembelian per jenis barang, pembelian per barang,      dan pembelian per supplier.
 - Laporan Hutang yang terdiri      dari : hutang per supplier, pembayaran hutang dan analisa umur hutang.
 - Laporan giro masuk dan giro      keluar.
 - Laporan laba rugi.
 - Bisa digunakan bersama cash      drawer dan barcode scanner. 
 
L  POS Lite
L  POS merupakan program yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian pada toko, bengkel, apotik maupun usaha lain yang sejenis. Program ini dilengkapi dengan feature yang menarik tapi dengan harga yang sangat terjangkau.
Program ini mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah handal, cepat dan sangat mudah digunakan. Meskipun ini adalah program under Windows tapi Anda dapat menjalankan hampir semua perintah pada program ini tanpa menggunakan mouse (full keyboard). 
Feature yang terdapat pada program L  POS adalah sebagai berikut:
- Proteksi dengan password      sehingga hanya orang yang berhak saja yang dapat menjalankan program. Anda      juga dapat mengatur hak akses dari tiap-tiap user. Misalnya user      A hanya boleh berhak mengakses menu Penjualan sedangkan user B      dapat mengakses semua menu. 
 - Form untuk mencatat penjualan,      baik penjualan secara tunai maupun kredit. 
 - Form untuk mencatat pembelian,      baik pembelian secara tunai maupun kredit. Saat transaksi pembelian      disimpan secara otomatis akan menambah jumlah stok barang dan berpengaruh      pada hutang (jika pembelian secara kredit). 
 - Form untuk mengecek besarnya      hutang dan piutang. Juga form untuk mencatat pembayaran/pelunasan hutang      dan piutang.
 - Form untuk mengecek besarnya      laba.
 - Dilengkapi dengan laporan dari      semua form di atas (penjualan, pembelian, hutang, piutang dan laba).
 
AppCell
AppCell adalah program POS (Point of Sales) khusus untuk toko hand phone. Walaupun secara fungsioanal program ini mirip dengan program L  POS, tapi secara "fisik" program ini mempunyai banyak perbedaan.
Adapun feature yang terdapat pada program AppCell antara lain:
- Stok Barang, dibedakan menjadi      4 macam, yaitu handphone, voucher, perdana dan aksesories.
 - Mencatat transaksi penjualan      (barang dan jasa) baik secara tunai maupun kredit.
 - Mencatat transaksi pembelian      baik secara tunai maupun kredit.
 - Mengecek dan mencatat besarnya      hutang dan piutang.
 - Mencatat transaksi service      (perbaikan) handphone.
 
SIDI
SIDI adalah program yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi peminjaman dan pengembalian pada rental CD, VCD atau DVD. Program dirancang dengan interface sederhana sehingga memudahkan Anda dalam menggunakannya. 
Feature yang terdapat pada program SIDI antara lain:
- Program dilengkapi dengan      password sehingga hanya orang yang berhak saja yang dapat menjalankan      program.
 - Mencatat semua data VCD yang      meliputi : kode dan judul VCD, kategori, tanggal masuk, jumlah total VCD      dan jumlah VCD yang ada (yang tidak sedang dipinjam).
 - Mencatat transaksi peminjaman.
 - Mencatat transaksi      pengembalian.
 - Mencari identitas peminjam      berdasarkan kode VCD yang dipinjam.
 - dan lain-lain 
 
*hem 
sumber: banyak bgt.